logo-intikeramik1

PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) berawal dari industri Manufaktur Homogeneous Tile (porcelain tile) dengan merk dagang “Essenza” dan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Mei 1993.

Di Indonesia sendiri, Essenza dikenal sebagai pelopor Homogenous Tile, dan dikenal sebagai merk yang berkualitas dan terpercaya, dimana Essenza secara rutin diapresiasi oleh publik dengan berbagai penghargaan seperti Forbes 2015 – 20 Rising Global Stars, 2014 Superbrands, SWA Top 250 Original Indonesia Brands, 2013 iDea Rumah, Readeers Choice Awards, 2009 Businessweek-Frontier Indonesia Most Admired Companies, 2007 Primaniyarta Awards.

Pada tahun 2017, PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk, telah hadir dengan manajemen baru yang memiliki sumber daya manusia yang profesional dibidangnya masing-masing.

Saat ini, pengelolaan produksi manufaktur PT IKAI Tbk dilakukan oleh anak perusahaan yakni PT Internusa Keramik Alamasri (INKA).
Untuk mendukung industri usaha keramik dalam Perseroan dan memandang bahwa Perseroan perlu melakukan pengembangan bisnis diluar manufaktur, namun masih memiliki keterkaitan dan bersinergi dengan industri keramik / tile yang merupakan awal dari usaha Perseroan. Perseroan melakukan pengembangan usaha ke bidang properti perhotelan, seiring dengan berkembangnya usaha pariwisata dan infrastruktur di Indonesia,

Perseroan memperkirakan industri properti akan tumbuh seiring dengan kebijakan-kebijakan Pemerintah yang mendukung industri seperti relaksasi Loan to Value (LTV), penurunan tingkat suku bunga KPR, penurunan tarif Pajak Penghasilan Penjualan Property, tax amnesty dan percepatan pembangunan infrastruktur. Oleh karena itu, Perseroan sejak awal 2018 kembali melakukan aksi korporasi untuk memperbesar aset usaha dan telah mengakuisisi lima perusahaan properti di bidang perhotelan yaitu PT Realindo Sapta Optima (RSO) berlokasi di Ubud, PT Mahkota Artha Mas (MAM) berlokasi di Ubud, PT Mahkota Properti Indo Medan (MPIM) berlokasi di Medan, PT. Hotel Properti Internasional (HPI) berlokasi di Bogor dan PT Saka Mitra Sejati (SMS) berlokasi di Medan.